expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

KAKEK TOGEL.COM

Friday, February 2, 2018

18 Gambaran Neraka, Jenis Siksa Azab dan Tingkatan Neraka

18 Gambaran Neraka, Jenis Siksa Azab dan Tingkatan Neraka

 

 

Gambaran Neraka Jahanam 

Telah tersurat dalam al-Qura'an dan hadits bahwa akan ada balasan yang di alami oleh setiap manusia setelah melalui kematian. Di hari tersebut, setelah meninggal akan di bangkitkan menuju ke sebuah alam, yakni alam yang penuh 

kebahagiaan ( surga ) atau menuju ke alam penuh penderitaan ( neraka ).
Pilihan alam yang akan di terima bergantung pada amal perbuataan yang mereka lakukan selama hidup neraka. sebaliknya, jika selalu menebur benih kebaikan maka balasannya adalah kebahagiaan ( surga - al jannah ) 

Next....

 

Bismillahirohmanirohim... 

Sebagai manusia yang dimiliki keyakinan adanya sang pecinpta, tiada lain maha suci allah, tentu kita berharap akan selalu mendapatkan kebahagian, dan memohon untuk tiada memperoleh penderitaan ataupaun siksaan di alam neraka. Alam neraka digambarkan sebagai tempat yang penuh kesedihan, siksaa, dan penderitaan, lalu, seperti apakah gambaran neraka yang banyak di deskripsikan dalam alquran dan hadits 

 

Image result for neraka

 

 

 Dalam Al Quran disebutkan ada 7 tingkatan neraka yang di ciptakan untuk alasan bagi manusia sesuai dengan dosa dosanya 


  1. Tingkatan paling atas adalah Neraka Jahannam untuk menghukum orang-orang muslim, mukminat, mukminin yang mengerjakan dosa kecil ataupun dosa besar.
  2. Tingkatan ke dua diperuntukkan bagi orang-orang yang mendustakan agama, disebut Neraka Ladhoh, Luza.
  3. Tingkatan ke tiga disebut Neraka Khutamah, Hathamah, diperuntukkan bagi orang yang lalai hanya memikirkan dunianya tanpa mengerjakan kepentingan atau kebutuhan untuk ibadahnya.
  4. Tingkatan ke empat diperuntukkan bagi orang yang tidak mau mengeluarkan zakat atau pun bagi mereka yang mengeluarkan zakat namun tidak sesuai porsinya. Neraka ini disebut neraka Sair.
  5. Tingkatan ke lima adalah neraka Sahkhor, Saqru, yakni tempat bagi orang-orang yang tidak mengerjakan shalat, orang yang berbohong tentang keberadaan Allah, menyembah selain kepada Allah.
  6. Tingkatan ke enam disebut neraka Jahim untuk para pendusta agama, kafir, pezina, peminum khamar dan mengerjakan apa yang dilarang Allah.
  7. Tingkatan ke tujuh atau paling bawah disebut Neraka Hawiyah, diperuntukkan bagi orang yang matinya tidak membawa iman dan Islam.
Di setiap tingkatan tersebut ada perbedaan hukuman sesuai dengan jenis dosa yang dilakukan seseorang. Nah, berikut ini adalah sekilas gambaran azab dan siksa neraka sesuai dengan perbuatannya.

1. Gambaran Neraka yang Paling Ringan

Azab neraka yang paling ringan diberikan kepada paman nabi, ykani Abu Thalib. Hukumannya adalah dipakaikan sepasang sepatu api neraka yang membuat otaknya mendidih. Diriwayatkan saat meninggal, Abu Thalib tidak beriman kepada Allah. Tetapi semasa hidupnya, Abu Thalib selalu membantu, membela, mendukung, dan melindungi keponakannya sendiri (Nabi Muhammad). Oleh karena itu, setiap hari senin siksanya diringankan oleh Allah.

 

 

2. Gambaran Neraka untuk Orang yang Durhaka kepada Orang Tua

Dalam hadits yang diriwayatkan pada HR. Bukhari dan Muslim dijelaskan bahwa durhaka kepada orang tua merupakan dosa yang paling besar setelah dosa syirik (menyekutukan Allah). Orang-orang yang durhaka kepada orang tuanya akan diancam dimasukkan ke dalam dua pintu neraka dan tidak akan mencium aroma surga. Hal ini dijelaskan pada sabda Nabi Muhammad SAW, “Barangsiapa yang membuat kedua orang tuanya murka, maka baginya akan dibukakan dua pintu neraka.” (Jâmi’us Sa’adât 2: 262).


3. Gambaran Neraka bagi Pelaku Syirik

Image result for neraka jahanam

Syirik merupakan tindakan dan perilaku yang menyekutukan Allah SWT. Perbuatan syirik ada dua jenis, yakni syirik dalam Rububiyyah dan Uluhiyyah. Tindakan syirik dalam Rububiyyah merupakan perbuatan untuk menyekutukan selain Allah sebagai pengatur alam semesta, sementara syirik dalam Uluhiyyah adalah  beribadah atau berdoa kepada selain Allah. Mereka yang melakukan perbuatan syirik, akan dikekalkan di neraka, seperti firman Allah SWT:  “Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga”. (Al Maidah: 72)

 

4. Gambaran Azab Neraka bagi Orang yang Memakan Uang Riba

Mendapatkan dan mengumpulkan harta harus berada di jalan Allah. Gemerlapnya pernak-pernik dan kemewahan dunia jangan sampai membuat kita terpedaya sehingga melakukan apa saja termasuk mendapatkan uang yang haram (riba). Riba merupakan salah satu dosa besar yang bisa membawa kesengsaraan dan membinasakan pelakunya, baik di dunia maupun di akhirat. Selain itu, untuk orang yang melakukan praktek riba juga akan mendapatkan azab dan ditempatkan di tempat yang seburuk-buruknya di dalam neraka. Dalam hadist riawayat Msulim diungkapkan bahwa Nabi Muhammad SAW melaknat orang-orang yang melakukan tindakan riba. Bahkan ditegaskan oleh Rasulullah bahwa: “Riba ada 73 pintu. Yang paling ringan adalah seperti orang berzina dengan ibu kandungnya.” (Sunan Ibnu Majah, 2275, Al-Mustadrak, 2/37 dan Syu’abul Iman, 5519).

 

 

5. Gambaran Azab Neraka bagi Seorang Pembunuh

 

Image result for neraka jahanam Di dalam ajaran Islam, pembunuhan adalah hal yang tidak dianjurkan, apa lagi jika dilakukan kepada seorang mukmin yang tak berdosa. Perkara perbuatan ini akan mendapat balasan dan dimintai pertanggung jawaban di akhir karena termasuk dosa besar. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an yang bunyinya: “Barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia seluruhnya”. (QS. 5 : 32).

 

Ada empat macam penderitaan dan siksaan neraka bagi orang-orang yang melakukan perbuatan pembunuhan, yakni:
  • Seorang pembunuh akan kekal menjadi penghuni neraka.
  • Akan mendapatkan murka dari Allah SWT.
  • Allah akan melaknat dan mengutuk orang yang membunuh orang-orang muslim yang tidak berdosa.
  • Allah akan menyediakan tempat siksaan yang berat baginya.

6. Gambaran Siksa Neraka bagi Orang yang Meninggalkan Sholat

Sholat adalah kewajiban bagi umat Islam. Tidak mengindahkan atau meninggalkan kewajiban tersebut akan membawa kerugian, satu diantaranya adalah azab neraka. Pada peristiwa Isra’ Mi’raj yang dialami Nabi Muhammad SAW, diperlihatkanlah sejumlah orang yang dulunya berbuat munkar. Belasan orang di antaranya adalah mereka yang sering tidak melaksanakan sholat fardhu. Salat Fardu adalah salat dengan status hukum Fardu, yakni wajib dilaksanakan.
Rasulullah diperlihatkan sekelompok kaum yang membentur-benturkan kepalanya ke batu. Benturan ke batu tersebut membuat kepalanya pecah, lalu utuh kembali seperti semula. Tindakan itu dilakukan berulang-ulang. Kepada malaikat Jibril, Rasulullah bertanya: “Siapakah mereka wahai Jibril?” Malaikat Jibril menjawab: “Mereka adalah orang yang kepalanya berat untuk melaksanakan sholat fardhu.” (HR. At Thabrani)
Neraka Saqor adalah timbal basalan bagi orang-orang yang tidak melaksanakan sholat fardhu. Hal ini difirmankan Maha Suci Allah: Setelah melihat orang-orang yang bersalah itu mereka berkata: Apa yangmenyebabkanmu masuk Neraka Saqor? orang-orang yang bersalah itu menjawab: Kami termasuk dalam golongan orang-orang yang tidak mengerjakan sholat.
Penegasan hukuman bagi orang-orang yang menjauhi dan melalaikan sholatnya disampaikan oleh Rasulullah SAW ketika menjawab pertanyaan Sa’ad bin Abi Waqash. Rasulullah menjawab: Yaitu mengakhirkan waktu sholat dari waktu sholat asalnya hingga waktu sholat yang lainnya. Mereka sudah menyia-nyiakan waktu sholat dan melewatkannya, maka mereka diancam dengan neraka wail.
 7. Gambaran Neraka bagi Orang yang Mengambil Harta Anak Yatim

 

Image result for gambaran neraka bagi orang yang mengambil harta anak yatim

Anak yatim adalah salah satu golongan hamba yang sangat dimuliakan oleh Allah. Dalam Al Quran dan hadits dipaparkan tentang pahala dan kemuliaan bagi orang-orang yang mau menjaga, membantu, dan memenuhi hak-hak bagi anak yatim piatu. Firman Allah dalam surat Al Ma’un: “Tahukah kamu orang yang mendustakan agama? yaitu orang yang menghardik anak yatim.” (QS. Al Ma’un)
Ketika seseorang menghardik, membentak, dan membuat anak yatim bersedih, serta mengingkari hak-hak mereka, maka ia termasuk golongan pendusta agama Allah. Sebagaimana firman Allah yang berbunyi:
“Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan dzalim, sesungguhnya yang mereka makan/masukkan kedalam perutnya adalah api neraka, dan mereka akan masuk kedalam neraka Sa’ir.” (QS. An Nisa’)
Hal ini ditegaskan dalam Sabda Rasul yang berbunyi:
“Sesungguhnya aku sangat memberatkan dosa orang yang menyia-nyiakan haknya dua golongan yang lemah, yaitu golongan anak yatim dan golongan wanita.” (HR An Nasa’i)
 Siksa api neraka Sa’ir akan menunggu orang-orang yang merampas hak-hak anak yatim. Sebaliknya, mereka yang memenuhi perintah Allah akan dimudahkan segala rizki dan urusannya.

 8. Gambaran Hukuman Neraka Bagi Orang yang Mati Bunuh Diri
 Image result for gambaran hukum dalam neraka

 

Tak sedikit orang yang lebih memilih menyelesaikan beban masalah hidupnya dengan cara yang dibenci Allah, yakni bunuh diri. Mereka menyia-nyiakan anugerah kehidupan yang diberikan Allah SWT. Bentuk siksa di alam neraka bagi orang-orang yang bunuh diri tergantung dari cara mengakhiri hidupnya. Apabila mereka mati dengan menggunakan besi di tangannya, maka nantinya mereka akan di siksa berulang kali menikam perutnya sendiri. Bagi orang yang bunuh diri loncat dari ketinggian, maka dia akan terus dijatuhkan ke dalam neraka Jahannam secara berulang selama-lamanya. Sedangkan bila mengakhiri hidup dengan cara minum racun, maka dia akan menerima siksaan berupa meminum pahitnya racun dari neraka secara perlahan-lahan dan terus-menerus.  Dalam firman Allah SWT di Al-qur’an surat Annisa ayat 29 dan juga sesuai dengan hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Al-bukhori dan Muslim, bahwa jika orang yang melakukan tindakan bunuh diri maka akan kekal didalam neraka.

 

9. Gambaran Neraka bagi Peminum Khamar

Minum-minuman keras yang memabukkan adalah benda yang haram. Tidak saja merugikan di dalam dunia ini saja, tetapi juga kelak mendapat azab di akhirat. Peminum khamar, seperti arak dan sejenisnya kelak akan dihukum untuk menelan minuman di neraka yang berasal dari sungai Ghuthah. Sungai Ghuthah adalah sungai yang airnya berasal dari kemaluan para pelacur yang mempunyai bau buruk yang sangat menyengat.

10. Gambaran Siksa Neraka bagi Wanita yang Tidak Mau Menyusui Anaknya

 

 
Image result for gambaran siksa neraka wanita yang tidak mau menyusui anaknya

 Kasih sayang seorang ibu dapat terlihat dari kewajibannya untuk menyusui putra-putrinya. Ketika tugas itu diingkari maka ada balasan yang harus diterima di akhirat. Azab bagi para wanita yang enggan menyusui anaknya adalah saat mereka di neraka, puting susunya akan digigit ular, dimana satu gigitan ular di neraka bisa menyebabkan panas demam selama 40 musim. Ini tersurat dalam riwayat HR. Al-Baihaqi, “Rasulullah SAW mengkabarkan bahwa jika ular di neraka menyengat satu gigitan, akan menyebabkan panas demam selama empat puluh musim. Demikian juga kala jengking di neraka, apabila menggigit satu gigitan akan menyebabkan panas demam selama empat puluh musim”.

 

11. Gambaran Siksa bagi Pemilik Harta dan Kekayaan yang Tidak Menunaikan Kewajiban Zakat

Sesungguhnya kekayaan dan harta yang kita miliki di dunia ini semata-mata hanyalah titipan Allah. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk mengelola amanah itu dalam jalan kebenaran. Ketika tidak mau menunaikan kewajiban zakat, maka ada balasan yang kelak diterima di akhirat. Di Shahih Al-Bukhari terdapat sebuah riwayat dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu’ alaihi wassalam bersabda:
“Tidak seorang pun pemilik harta yang tidak menunaikan zakatnya, melainkan hartanya kelak akan diperlihatkan di hadapannya dalam wujud seekor ular botak. Ular itu mempunyai dua titik hitam di atas matanya. Dia mematuk pangkal dagu orang itu seraya ia berkata, ‘Akulah hartamu, akulah simpanan mu’.” (HR. Al-Bukhari)

12. Balasan untuk Perempuan yang Suka Pamer Perhiasan

Di hari pembalasan nanti akan terdapat kelompok wanita yang memotong tubuh mereka sendiri dengan memakai gunting dari neraka karena dia suka menonjolkan dirinya (ingin terkenal) di kalangan orang banyak dengan maksud agar orang lain melihat perhiasan mereka sehingga setiap orang jatuh cinta padanya karena melihat perhiasannya.  

13. Gambaran Siksa bagi Wanita yang Tidak Menutup Auratnya

Pakaian yang mengundang syahwat adalah terlarang untuk dipakai oleh wanita Muslim. Balasan untuk para wanita yang tidak menutup auratnya sangatlah menyakitkan. Mereka akan di gantung rambutnya hingga otak mereka mendidih karena api neraka.

14. Gambaran Azab Neraka bagi Pelaku Zina

Zina adalah perbuatan persetubuhan antara laki-laki dan perempuan yang tidak terikat pernikahan atau perkawinan yang sah. Perbuatan setan yang melanggar ajaran agama ini akan mendapat balasan yang keras di neraka. Siksa bagi para pezina, entah itu kaum laki-laki maupun perempuan di neraka sudah di jelaskan Rasulullah. Mereka yang pernah berzina akan memiliki tubuh besar dan buruk dipandangi, mereka juga akan menimbulkan bau busuk yang begitu tajam. Selain itu, bentuk hukuman yang paling mengerikan yang harus diterima para pezina adalah ditusuk-tusuk menggunakan benda runcing yang tajam dan panas.

15. Siksa Neraka untuk Orang-orang Pendusta yang Perkataannya Tidak Sesuai dengan Perbuatannya

Balasan bagi orang-orang yang suka berbohong dan tidak menepati janji dan perkataannya tergambar dari apa yang disabdakan Nabi SAW ke Anas bin Malik:
“Pada malam Isra ‘aku dibawa kepada beberapa kaum yang lidah mereka dipotong dengan gunting api. Setiap kali selesai dipotong, lidah itu kembali lagi. Aku berkata: “Siapa mereka itu, wahai Jibril?” Jibril berkata: “Mereka adalah para penceramah dari kalangan umatmu yang mereka mengucapkan apa yang tidak mereka lakukan dan mereka membaca Kitabullah, tapi tidak mengamalkannya“. (Shahihul Jami).

16. Gambaran Azab Neraka untuk Orang yang Mengingkari Puasa Bulan Ramadhan

Setiap tahun, umat Islam diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Mereka yang tidak mau menjalankan atau mendustai perintah itu, padahal sebenarnya mampu, akan mendapat balasan. Menurut sabda nabi seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah, dijelaskan bahwa azab bagi orang yang berbuka di bulan puasa sebelum waktunya adalah mereka akan digantung dalam posisi terbalik, yakni kaki di atas dan mulutnya robek-robek sehingga darah mengalir begitu deras dari mulutnya.

17. Gambaran Siksa Neraka yang Paling Mengerikan

Dalam sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Iman Ahmad dijelaskan bahwa orang yang paling mengerikan azabnya pada hari kiamat adalah mereka yang menggambar makhluk yang bernyawa. Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu juga, Rasulullah SAW berkata, “Sesungguhnya orang yang paling dahsyat siksanya pada hari kiamat adalah seseorang yang membunuh nabi atau dibunuh oleh nabi, dan seseorang yang membuat berhala“.(HR. Ahmad)
Hal ini berarti bahwa siksa neraka juga berlaku pada orang-orang yang membuat dan menyembah berhala. Mereka akan mendapatkan azab atau siksaan neraka yang paling mengerikan.
Selain itu, disampaikan juga dari Khalid bin Walid Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW berkata, “Manusia yang paling dahsyat siksanya adalah orang yang paling bengis ketika menyiksa manusia di dunia” (HR. Ahmad)

18. Gambaran Azab Saat Melewati Jembatan Neraka



  Tayangkan :

Demikianlah deskripsi dan gambaran neraka yang disebutkan dalam Al-Qur’an, hadits, ataupun menurut pendapat para ulama. Semoga kita semua terhindar dari panasnya, azabnya, dan semua hal yang berkaitan dengan neraka. Amin..!!!





 

No comments:

Post a Comment