expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

KAKEK TOGEL.COM

Friday, February 16, 2018

Merajut Harmoni 18 Tahun Imlek Bebas Dirayakan di Indonesia

Merajut Harmoni 18 Tahun Imlek Bebas Dirayakan di Indonesia
5.000 Lampion Hiasi Solo Sambut Imlek
Kelenteng Hok Lay Kiong di Jalan Kenari i, Margahayu, Kota bekasi , Jawa Barat semarak jelang peryawaan imlek atau Tahun Baru China 2065 yang jatuh pada jumaat 16 Februari 2018.
Warga keturunan Tionghoa terlihat sibuk, hilir mudik dari satu patung dewa ke patung lainnya. Niangao atau kue keranjang yang legit di persembahkan, Lilin lilin besar dan ornamen di pasang, semuanya merah-- warna yang mewakili kegembiraannya sekaligus pengharpan bahwa kesedihan dan kegagalan akan sirna berganti kebahagiaan
Related image

SEMARAK IMLEK TAK HANYA TERLIHAT DI KELENTENG
perayaan budaya itu di rayakan warga keturunan Tionghoa dari berbagai latar belakang dan agama
Imlek menjadi momentum ketika keluarga besar berkumpul dalam suka cita, makan bersama dan tertentu saja bagi bagi angpao. Pertunjukan liong dan braongsai, pesta kembang api, serta bunyi petasan yang semarak membuat masyarakat awam ikut larut dalam kegembiraannya


Namun, bukan selamanya perayaan tahun baru China di indonesia berlangsung meriah
baru tahun 2000, di bawah ini pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur warga keturunan Tionghoa bebas merakan imlek, Sebelumnya, selama 31 tahun, tahun baru China di rayakan secara mdiam diam di ruangan terttutup, tanpa hingar bingar
peneliti budaya china dari Universitas Indonesia, Agni mMalagina mengatakan sejarah mencatat, perayaan imlek di tanah air semarak dan di lakukan di luar ruangan, bahkan sejak indonesia masih bernama Hindia Belanda, Kemeriahan tersebut terekam dalam surat kabar yang beredar pada masa kolonial.

"Sejak era belanda sekitar tahun 1901 surat kabar merayu Tionghoa yang terbit seperti Perniagaan, warna warni menggambarkan kota kota besar merayakan imlek, " kata dia saat berbincang dengan, jakarta, kamis sore 15/2/2018

Seiring perkembangan politik di indonesia, dari kolonial ke republik gegap gempita perayaan imlek yang tercatat dalam surat kabar pun menurun intensitasnya. tapi bukan lantaran diskriminasi. namun terkait oreintasi yang variatif dari masyarakat Tionghoa di Nusantara kela itu

"Ada tiga kategorinya, Mereka berorientasi kebaratan-baratan, orientasi ke china daratan yaitu Tiongkok, dan Oreintasi ke Republik atau nusantara. ini yang mempengaruhi kegiatan imlek saat itu jelas Agni malagina
Pindah ke Zaman Orde baru, ada peraturan yang melarang perayaan imlek berlangsung di tempat umum regulasi itu tertuang, dalam Inpres Nomer 14 tahun 1967 tentang agama, Kepercayaan dan adat istiadat China.
larangan ini tak lepas dari sengkarut politik di tanah air, setelah itu peristiwa G30S. Orde baru khawatir keturunan Tionghoa akan menyabarkan paham komunis di indonesia, Pada masa sukarno, Indonesia berkawnan karib dengan beijing, sementara pada masa order baru berhubungan itu di putus
Pada tahun 1966, Ketua Badan Komunikasi Penghayatan Kesatuan Bangsa, Kristoforus Sindhunata alias Ong Tjong Hay memilih istilah China dari pada Tionghoa. Sindhunata juga mengusulkan pelarangan total terhadap perayaan kebudayaan Tionghoa.
Namun, Soeharto kala itu menilai usulan Sindhunata itu berlebihan. Penguasa Orde Baru itu tetap mengizinkan perayaan kebudayaan Tionghoa, namun secara tertutup.
"Sebenarnya tidak 100% tidak boleh. Perayaan tetap boleh tapi tidak boleh hingar bingar di publik. Perayaan Imlek dilakukan secara privat, di rumah bersama keluarga maupun di kelenteng," ujar Agn
5.000 Lampion Hiasi Solo Sambut Imlek
Sebanyak 5.000 lampion dipasang di kawasan Pasar Gede, Solo untuk memeriahkan Imlek 2569.(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Setelah Soeharto lengser pada tahun 1998, era reformasi bergulir. Pucuk pimpinnan negeri berpindah kepada BJ Habibie. Sealam 17 bulan memimpin indonesia, Bapak Teknologi Indonesia itu menyerahkan kursi presiden kepada Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.
Di tangan cucu pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy’ari ini, sejumlah perubahan dilakukan. Salah satu momen penting adalah dengan mencabut Inpres Nomor 14 Tahun 1967 dan diterbitkan Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2000 pada 17 Januari 2000.
Keputusan tersebut banyak menuai penolakan dari sejumlah pihak. Alasan penolakan itu karena sejumlah pihak khawatir, komunisme kembali hidup di Indonesia.
Namun, bagi mantan Ketua Umum PBNU itu, Imlek dan tradisi barongsai merupakan bagian dari kebudayaan Nusantara.
Jika dikelola dengan baik dan benar, hal itu justru dapat menjadi sarana menyebarkan nilai-nilai kebaikan, seperti yang dilakukan oleh para Wali Songo dalam menyebarkan Islam di Indonesia, melalui wayang.
Bagi Gus Dur, seperti diceritakan sang putri Yenny Wahid, yang dikutip dari gusdur.net, etnis Tionghoa dan juga budaya mereka, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam perjalanan bangsa Indonesia.
Melalui etnis Tionghoa, Islam bisa tersebar ke Nusantara bersama pedagang India. Terbukti dengan adanya keturunan Tionghoa yang masuk dalam jajaran Wali Songo, penyebar Islam di Nusantara.
Kemudian pada 19 Januari 2001, Menteri Agama mengeluarkan Keputusan Nomor 13 Tahun 2001 tentang Penetapan Hari Raya Imlek sebagai Hari Libur Nasional Fakultatif.
Dan pada Februari 2002, Presiden Megawati Soekarnoputri mengumumkan bahwa mulai 2003, Imlek menjadi Hari Libur Nasional. Mega mengembalikan aturan yang pernah diterapkan sang ayah, Sukarno.
Atraksi Barongsai dan Liong dalam Air Siap Pukau Pengunjung Ancol Saat Imlek
Seorang wanita berenang di antara barongsai dalam pertunjukan bertajuk The Battle of Yin Yang di Aquarium Utama Seaworld Ancol, Jakarta, Senin (12/2). Atraksi ini akan berlangsung pada 16-18 Februari. (Liputan6.com/Arya Manggala)
Perayaan Tahun Baru China 2565 atau imlek yang jatuh pada jumaat ini di sambut gembira warga keturunan Tionghoa yang ada di indonesia terkecuali bandahara umum fraksi umum PDIP Alex indra luman.
Nada gembira begitu kentara terdengar saat mberbincang melalui sambungan telepon kamis malam, dalam perbincangan alex menurutkan kegiatan bersama keluarga saat merayakan imlek.
"Saling berkunjung mempererat silahturahmi antar anggota keluarga tetangga dan kawan kawan ujar alex, kamis malam 15 februari 2018
menurut alex, perayaan imlek merupakan tradisi budaya Tionghoa, salah satu dari 714 suku yang ada di nusantara

Sejak era reformasi menjadi salah satu hari libur nasional mengingatkan kita keragaman Indonesia akan agama dan budaya. Kebinekaan-lah yang membuat Indonesia itu ada, tanpa Bhinneka bukanlah Indonesia lagi," papar Alex.
Banyak harapan yang disampaikan dalam perayaan Imlek. Selain mendoakan kondisi negara yang semakin baik, mereka menyimpan asa agar keamanan dapat terus terjaga.
"Kita tentu berharap setiap perayaan apapun di Republik ini bisa dilaksanakan dengan aman, meriah, dan penuh kegembiraan. Karena lewat perayaan yang meriah akan terjadi interaksi sosial dan transaksi ekonomi," tutup Alex Indra Lukman.
Sementara, Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno, yang merupakan keturunan Tionghoa asli Indonesia memiliki cara tersendiri dalam merayakan Imlek.
"Semua saya rayakan sebagai nasionalis pluralis. (Imlek) kita rayakan bersama-sama dengan konstituen," kata Hendrawan.
Dihubungi terpisah, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin menilai, perayaan Imlek di Indonesia merupakan gambaran dari masyarakatnya yang majemuk dari agama maupun suku. Perayaan masing-masing umat tersebut sangat dihargai.
"Kita ingin memperkuat kekayaan keindonesiaan kita dengan memberi kesempatan kepada mereka. Tidak ada pertentangan ini, ingat 'bagiku agamaku, bagimu agamamu'," kata Amin saat dihubungi
Karena itu, lanjut dia, Dirjen Bimas islam Kemenag menyampaikan selamat kepada mereka yang merayakan imlek. Ia berharap perayaan tersebut akan berlangsung dengan damai dan aman.
Hal senada juga di sampaikan mantan Ketua MK Mahfud MD


No comments:

Post a Comment